Teknologi Internet Terbaru yang Akan Datang pada Tahun 2022


Teknologi Internet Terbaru yang Akan Datang
- Dunia IT tidak pernah diam. Industri yang cepat dan selalu berubah ini penuh dengan teknologi baru, alat, kerangka kerja perangkat lunak, dan ide-ide inovatif. Teknologi modern berkembang secara simbiosis dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Misalnya, internet seluler didasarkan pada Computer cloud dan memfasilitasi pengembangan IoT . Oleh karena itu, terobosan di satu bidang mendorong inovasi di bidang lain.Pada artikel ini, kita akan melihat daftar teknologi internet terbaru yang akan datang dan kemungkinan hal ini akan menentukan tahun 2022.

Apa Saja Teknologi Internet Terbaru yang Akan Datang Tahun 2022

Dunia tidak akan pernah berhenti memberikan terobosan dan inovasi terbaru teknologinya yang akan membantu banyak orang. Berikut adalah daftar tren teknologi internet terbaru dan akan membentuk dunia digital di tahun mendatang.

• Keamanan Cyber Bertenaga AI
• Adopsi Teknologi 5G
• Internet of Behaviour (IoB)
• Metaverse
• Teknologi Blockchain

Daftar Teknologi Internet yang Akan Memberi Wajah Baru 2022

Berikut adalah beberapa daftar teknologi internet terbaru yang akan datang dan memberi wajah baru pada tahun 2022 :

• Keamanan Cyber Bertenaga AI
Jumlah serangan cyber yang terus meningkat, penipuan phishing email, dan ransomware memaksa perusahaan keamanan cyber untuk mencari solusi teknologi untuk mengatasi kerentanan. Penjahat meretas akun individu, infrastruktur penting negara, dan bisnis dari semua ukuran, menyebabkan kerugian miliar hingga triliun rupiah.

Selain itu digitalisasi tempat kerja dan kerja jarak jauh sebagai tanggapan dari dampak virus COVID-19 menjadikannya prioritas untuk melatih kembali karyawan tentang keamanan online untuk mengurangi pelanggaran dan kehilangan data.

Bisnis juga mengadopsi teknologi keamanan cyber baru, dengan bantuan kecerdasan buatan (AI), untuk memantau dan menjaga jaringan dari peretas secara real-time daripada menanggapi ancaman setelah kerusakan terjadi.

• Adopsi Teknologi 5G
Menurut sumber terpercaya, Adopsi Teknologi 5G akan melampaui satu miliar tahun ini. Sementara 5G membawa peningkatan yang signifikan, misalnya, dalam streaming video dengan lancar, 5G memiliki kecepatan 100 kali lipat, yang berarti bahwa unggahan, unduhan, transfer data, dan streaming akan jauh lebih cepat.

5G akan meningkatkan Internet of Things (IoT), yang melibatkan perangkat pintar bertenaga internet yang terhubung dan beroperasi bersama. Tidak seperti 4G, banyak perangkat dapat terhubung ke jaringan 5G tanpa terjadi penurunan kecepatan transfer, latensi, dan keandalan yang signifikan.

Itu karena fitur network-slicing yang menciptakan jaringan independen yang menawarkan layanan berbeda untuk setiap perangkat. Sementara jaringan seluler dengan koneksi 4G berjuang dengan konektivitas di lokasi yang ramai, 5G dapat mengirimkan gelombang radionya ke sebanyak satu juta perangkat per kilometer persegi.

• Internet of Behaviour (IoB)
Banyak data pelanggan yang dikumpulkan oleh penyedia layanan online atau jasa melalui perangkat IoT di rumah. Bisnis yang menggunakan analitik dan teknik data besar untuk menentukan nilai dari sebuah data dalam apa yang sekarang dikenal sebagai Internet of Behaviors (IoB).

Dengan meninjau informasi pelanggan ini, bisnis dapat mempersonalisasi layanan mereka, memasarkan produk mereka, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan perusahaan.

• Metaverse
Perubahan nama dari Facebook menjadi Meta menyoroti Metaverse, yang digambarkan sebagai evolusi berikutnya dalam konektivitas sosial.  Metaverse adalah ruang tiga dimensi virtual tempat orang dapat masuk sebagai avatar untuk bersosialisasi, bekerja, berbelanja, berkolaborasi, atau bermain game bersama.

Perusahaan berinvestasi dalam teknologi baru untuk menghidupkan metaverse, seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Misalnya, sebuah headset VR memungkinkan orang untuk menjelajahi dan membenamkan diri dalam dunia digital dan berbagi pengalaman dengan orang lain.

• Teknologi Blockchain
Setelah bertahun-tahun dalam ketidakpastian akan kemunculannya, Teknologi Blockchain sekarang memantapkan dirinya sebagai solusi terdepan untuk banyak tantangan teknologi jaman sekarang.  Blockchain adalah buku besar yang terdistribusi dari data terdesentralisasi, dan mendukung keuangan cryptocurrency, teknologi pembayaran digital, teknologi enkripsi, dan game blockchain lainnya.

Tren yang meningkat adalah pembuat konten menggunakan token non-fungible (NFT) yang merupakan unit data blockchain yang tidak dapat dipertukarkan. Untuk bisnisnya adalah membuat karya digital, menjualnya secara online, dan mendapatkan mata uang kripto.

Fitur buku besar Blockchain membuat teknologi ini berlaku untuk menyimpan data medis dan catatan pribadi lainnya, melindungi hak cipta, mendaftarkan pemilik akta kepemilikan, melacak transaksi digital, perdagangan di pasar NFT, dan pemantauan rantai pasokan.

Kesimpulan

Menghadapi dunia yang akan lebih berkembang dengan teknologi-teknologi mutakhir, memang suatu hal yang harus kita persiapkan. Karena dunia tidak akan diam dan akan selalu memberi yang lebih baru dan lebih baik. Termasuk teknologi internet terbaru yang akan datang yang sudah kami rangkum diatas.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam menemukan informasi terbaru seputar teknologi masa depan dan dapat menambah wawasan anda, sekian terimakasih.

No comments for "Teknologi Internet Terbaru yang Akan Datang pada Tahun 2022"