Ketahui Kelebihan dan Fungsi dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Tenaga Surya
- Meskipun banyak dikritik karena mahal atau tidak efisien, energi surya sekarang terbukti sangat bermanfaat tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi ekonomi swasta. Subsidi panel surya dan pasar yang tersedia energi surya menjadi sumber energi utama untuk semakin banyak rumah, berkat harga yang semakin kompetitif di Amerika Serikat.

Teknologi tenaga surya ini telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan dilengkapi dengan sistem penyimpanan tenaga surya, menjadikan fotovoltaik sebagai sebuah sumber energi yang jauh lebih efisien dan bersih. Berikut penjelasan mengenai tenaga surya.

Apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya?

Sebelum kita membahas manfaat menggunakan panel surya, ada baiknya untuk mengetahui apa itu panel surya. Panel Surya adalah kumpulan sel surya yang disusun untuk menyerap sinar matahari secara efektif. Panel Surya dapat digunakan untuk menciptakan energi surya dan menjadi listrik, untuk digunakan sehari-hari.

Keuntungan dari Teknologi Panel Surya

1. Sumber Energi Terbaru
Dari semua kelebihan-kelebihan panel surya, yang terpenting adalah teknologi energi surya merupakan sumber energi yang sepenuhnya sudah terbarukan. Tersedia di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari.

Tidak seperti sumber energi lainnya, energi matahari tidak pernah habis. Selama matahari ada, kita akan memiliki akses ke energi matahari, sehingga akan tersedia setidaknya selama 5 miliar tahun ketika para ilmuwan berpikir itu akan mati.

2. Mengurangi Tagihan Listrik
Listrik yang dihasilkan oleh sistem fotovoltaik akan memenuhi sebagian dari kebutuhan energi, sehingga menurunkan tagihan listrik. Berapa banyak Anda dapat menghemat tagihan Anda tergantung pada ukuran tata surya Anda dan penggunaan listrik atau panas Anda.

Selain itu, Anda tidak hanya dapat menghemat uang untuk tagihan listrik Anda, tetapi Anda juga dapat menerima pembayaran untuk kelebihan energi yang Anda kirim kembali ke jaringan. Jika Anda menghasilkan lebih banyak daya daripada yang Anda gunakan (jika sistem panel surya Anda terhubung ke jaringan).

3. Biaya Perawatan Rendah
Secara umum, sistem fotovoltaik tidak memerlukan banyak perawatan. Jaga kebersihannya saja, jadi membersihkan beberapa kali setahun sudah cukup. Jika ragu, Anda selalu dapat menghubungi perusahaan pembersih profesional yang menawarkan layanan ini.

4. Penggunaan yang Beragam
Manfaat energi matahari dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya seperti panel surya yang dapat diterapkan pada rumah yang belum sepenuhnya dialiri listrik. Tidak hanya itu, kelebihan panel surya yang lain adalah adalah untuk menyaring air di daerah perkotaan dengan persediaan air bersih yang terbatas dan berbagai macam keunggulan lainnya.

5. Lebih Ramah Lingkungan
Dengan menggunakan panel surya, secara tidak langsung Anda dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan. Karena panel surya merupakan teknologi yang ramah lingkungan. Tidak dapat disangkal bahwa suhu global akan terus meningkat dan pemanasan global tidak dapat dihindari. 

Beralih menggunakan panel surya adalah langkah tepat untuk menyelamatkan planet bumi ini. Apalagi, Indonesia masih mengandalkan energi listrik PLN yang diperoleh dari pembakaran batu bara.  Nah, pembakaran inilah yang membuat energi tidak ramah lingkungan karena bisa menimbulkan polusi dan membuat suhu bumi semakin panas.

6. Sebagai Cadangan Listrik Meski Tidak Ada Sinar Matahari
Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa energi dari panel surya hanya dapat digunakan pada siang hari di cuaca panas. Itu karena daya yang sudah tersimpan di baterai dan siap digunakan. Menariknya, bangunan yang telah di pasangi panel surya ini tetap dialiri listrik meski terjadi pemadaman listrik, karena tidak bergantung pada listrik PLN. Namun, perhatikan bahwa ini hanya berlaku jika bangunan memiliki baterai cadangan yang terpasang.

Apa Fungsi Panel Surya?

1. Pembangkit listrik
Panel Surya berfungsi sebagai pembangkit listrik dan biasanya dipasang di atap gedung atau di tanah. Ada dua metode pembangkit listrik tenaga surya. Yang pertama menggunakan teknologi fotovoltaik dan yang kedua mengkonsentrasikan energi matahari.

2. Pompa Air
Jika Anda mengira panel surya hanya bisa digunakan sebagai generator untuk bangunan, ternyata panel surya juga bisa digunakan untuk menggerakkan pompa air. Penggunaan panel surya dapat digunakan sebagai tenaga penggerak pompa air yang ditenagai oleh sinar matahari.

3. Penerangan di Jalan Umum 
Apakah kamu tahu? Ada lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang ditenagai oleh panel surya yang dipasang di jalan umum. Anda dapat menemukan PJU bertenaga surya di berbagai tempat seperti jalan tol, jalan raya, halte, dan pom bensin.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dan keuntungan menggunakan tenaga surya. Pemanfaatan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Fotovoltaik (PLTS) merupakan solusi untuk menghadapi ancaman krisis listrik. Sistem pembangkit listrik menggunakan tenaga surya, juga dikenal sebagai panel surya, merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. terima kasih banyak!

No comments for "Ketahui Kelebihan dan Fungsi dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya"