Mari Ketahui Perkembangan Robot Drone untuk Pertanian dan Manfaatnya


Robot Drone
- Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah berkembang sangat pesat. Berbagai inovasi di bidang pertanian sangat banyak dan beragam jenisnya. Inovasi benih, teknologi pertanian untuk efisiensi produksi pertanian, teknologi (alat dan mesin) hingga penyederhanaan mulai dari inovasi di bidang pertanian hingga fasilitasi permodalan melalui fintech.

Umumnya dikenal sebagai Robot Drone adalah kendaraan udara tak berawak yang digerakkan menggunakan remote control. Drone digunakan untuk menganalisis sesuatu untuk tujuan tertentu. Drone merupakan teknologi yang sangat inovatif karena mengandalkan IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence) atau yang dikenal dengan kecerdasan buatan.

Pengertian dan Manfaat Robot Drone untuk Pertanian

Saat ini, Robot Drone berkembang pesat. Hingga saat ini, drone hanya digunakan di area terbatas seperti militer. Namun revolusi industri saat ini sangat berbeda. Drone telah menjadi produk teknologi yang dapat digunakan oleh semua orang, termasuk para petani.

Kehadiran Robot Drone di sektor pertanian juga bisa membawa banyak keuntungan. Teknologi ini dapat memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Keberadaannya membuktikan bahwa teknologi bukan untuk ditakuti, tapi untuk dimanfaatkan. Beberapa manfaat drone dalam teknologi pertanian antara lain :

1. Pemantauan Kesehatan Tanaman
Salah satu aplikasi citra drone yang telah diluncurkan dengan sukses besar adalah pemantauan kesehatan tanaman. Dilengkapi dengan peralatan pencitraan khusus yang disebut Normalized Vegetation Index (NDVI), drone menggunakan informasi warna terperinci untuk menunjukkan kesehatan tanaman.

Hal ini memungkinkan petani untuk memantau pertumbuhan tanaman sehingga setiap masalah dapat diatasi dengan cepat untuk menyelamatkan tanaman. Drone dengan kamera "biasa" juga digunakan untuk memantau kesehatan tanaman. 

Banyak petani sudah menggunakan citra satelit untuk memantau pertumbuhan tanaman, kepadatan dan warna, tetapi akses ke data satelit mahal dan seringkali tidak seefektif citra drone yang lebih dekat.

2. Penanaman
Anda juga dapat menggunakan drone untuk menabur benih. Cara menggunakan drone untuk menanam bibit bisa membuat proses tanam lebih cepat. Drone tidak hanya dapat menerbangkan benih ke tanah, tetapi juga menyuburkannya. Pada saat yang sama, kehadirannya juga dapat membantu mengurangi biaya penanaman hingga 85%.

3. Semprotan Tanaman
Drone juga bisa digunakan untuk menyemprot tanaman kebun. Drone modern memiliki beragam fitur yang memungkinkannya melakukan penyemprotan secara efektif dan maksimal. Anda dapat menemukan drone pertanian dengan kemampuan memancarkan suara ultrasonik atau laser untuk membantu Anda mengenali struktur tanah.

4. Keamanan
Keamanan drone adalah industri yang berkembang pesat selain pertanian, tetapi juga sangat berguna untuk manajemen pertanian. Menggunakan drone untuk memantau lokasi terpencil tanpa harus melakukan perjalanan ke peternakan dapat menghemat waktu yang berharga dan memantau area jangkauan lebih sering.

Kamera drone dapat memberi Anda gambaran umum tentang operasi pertanian sepanjang hari, menjaga semuanya berjalan lancar, dan membantu menemukan peralatan bekas. Daripada mempekerjakan lebih banyak penjaga, drone keamanan dapat dikerahkan untuk memantau batas tanaman yang lebih berharga seperti padi. 

5. Penyerbukan Drone
Beberapa aplikasi baru penggunaan drone di bidang pertanian masih diuji dan dikembangkan. Salah satu penggunaan yang paling dipublikasikan (dan sering fiksi) adalah penyerbukan untuk teknologi drone.

Peneliti Belanda dan Jepang sedang mengembangkan drone kecil yang dapat menyerbuki tanaman tanpa merusaknya. Langkah selanjutnya adalah membuat drone penyerbukan sendiri yang dapat berfungsi tanpa instruksi konstan dari operator dan memantau kesehatan tanaman. Ini adalah salah satu keuntungan terbesar dari drone di bidang pertanian.

6. Sensor Irigasi
Drone yang dilengkapi dengan sensor termal, hiperspektral, atau multispektral dapat digunakan untuk memeriksa kualitas tanah. Sensor ini dapat menunjukkan area yang tampak kering dan membutuhkan lebih banyak ketersediaan air. 

Selain itu, data tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki sistem irigasi lahan. Kamera termal memungkinkan petani mengidentifikasi area lahan yang kekurangan air dan memantau ternak di malam hari. Selain itu, penggunaan Sensor Irigasi  ini meminimalkan kemungkinan pencurian dan kebakaran di lahan pertanian.

Penutup

Kini anda kita telah melihat bahwa Robot Drone membawa banyak manfaat bagi pertanian. Dari pembahasan di atas, drone sangat berguna untuk pendataan lapangan dan deteksi dini kondisi tanaman. 

Deteksi dini membantu petani mencegah serangan hama dan meminimalkan kegagalan panen akibat serangan hama skala besar. Terutama bagi petani dengan areal tanam yang luas. Selama ini Robot Drone terkendala oleh teknologi sensor yang masih perlu ditingkatkan untuk dapat menghasilkan data yang akurat. 

Sebelumnya, industri pertanian yang dipelopori oleh perusahaan perkebunan internasional menggunakan teknologi drone untuk pemetaan lahan. Kolaborasi antara perusahaan pertanian besar dan perusahaan rintisan inovator telah melihat pertumbuhan pesat dalam pengembangan inovasi drone pertanian belakangan ini.

Teknologi drone sendiri akan terus berkembang, begitu juga dengan sifat dari teknologi itu sendiri. Di masa depan, drone akan diharapkan dapat melakukan pekerjaan yang tidak mungkin dilakukan manusia saat ini.

No comments for "Mari Ketahui Perkembangan Robot Drone untuk Pertanian dan Manfaatnya"