5 Penyebab HP Overheat dan Solusinya


Hp Overheat
- Keberadaan handphone atau HP saat ini merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, handphone dapat menjadi sahabat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah gadget paling populer yang menggabungkan berbagai fungsi dalam bentuk yang sederhana.

Namun, bahkan teknologi tercanggih pun ada batasnya, seperti hp overheat contohnya. Meskipun merupakan produk yang praktis, unit utama akan menjadi Overheat jika Anda terus menggunakannya. Ini juga memperlambat kinerja ponsel Anda dalam kasus yang jarang terjadi.

Ada banyak alasan mengapa ponsel cepat Overheat. Penggunaan telepon yang berlebihan, baterai, atau kesehatan perangkat lunak adalah penyebab paling umum. Sebagai pengguna, kita harus dapat menggunakan teknologi ini dengan sukses dan bijaksana. Jangan terlalu memaksakan penggunaan ponsel Anda. Karena hal ini justru dapat membahayakan gadget Anda.

5 Penyebab HP Overheat dan Solusinya

1. Ada Masalah Pada Baterai
Baterai yang telah digunakan dalam jangka waktu lama akan kehilangan performanya. Baterai lama tidak hanya lebih cepat aus, tetapi juga lebih cepat panas. Semakin panas baterai, semakin cepat perangkat akan mengalami Overheat.

Cara paling efektif untuk mengatasi HP yang kepanasan akibat masalah baterai tentu saja dengan mengganti baterai saat mulai aus. Namun, jika baterai masih cukup baik, anda harus menggunakan pengisi daya asli, kabel pengisi daya berkualitas tinggi, dan mengisi daya ponsel Anda tepat waktu untuk menjaga baterai dalam kondisi baik.

2. Layar Terlalu Terang
Penyebab HP cepat overheat ini seringkali tidak disadari. Layar yang terlalu terang tidak hanya menguras baterai Anda, tetapi juga membebani kinerja CPU Anda. Seringnya menggunakan ponselnya dalam waktu lama, maka layar yang terlalu terang kadang kala tidak enak untuk di lihat terus menerus.

Solusi cepat mengatasi HP overheat untuk masalah ini adalah dengan mengatur kecerahan ponsel agar tidak terlalu terang. Oleh karena itu, menyesuaikan kecerahan layar dalam mode otomatis adalah solusi yang paling direkomendasikan.

3. Bermain Game Untuk Waktu Yang Lama
Penyebab selanjutnya HP terlalu panas adalah menggunakan ponsel dalam waktu lama untuk bermain game. Kebiasaan ini sepertinya sering dilakukan oleh para pengguna ponsel, mengingat ada beberapa game yang sedang naik daun akhir-akhir ini.

Walaupun menghibur dan membunuh kebosanan, tetapi game seharusnya tidak boleh dimainkan selama berjam-jam. Aplikasi game yang intensif dan unit pemrosesan grafis, serta inti pemrosesan pusat ponsel, dapat menyebabkan ponsel cepat Overheat.

4. Kinerja CPU Yang Berat
Penyebab lain dari HP overheat adalah kinerja CPU yang terlalu dipaksakan. Ini biasanya karena penggunaan aplikasi yang berat. Selain itu, membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan multitasking dapat membebani kinerja CPU dan menyebabkan ponsel Anda cepat panas.

Cara mengatasi HP overheat akibat kinerja CPU yang berat adalah dengan menghindari penginstalan aplikasi berukuran besar jika ponsel Anda memiliki RAM yang lebih sedikit. Jika terpaksa harus menginstall aplikasi berukuran besar, ShopBackers menyarankan untuk menggunakan ponsel dengan refresh rate yang tinggi. Namun, perhatikan bahwa aplikasi dengan kecepatan refresh tinggi juga membuang daya baterai dengan cepat.

5. Faktor Lingkungan
Penyebab kelima panas berlebih pada ponsel adalah karena faktor lingkungan. Paparan sinar matahari adalah penyebab paling umum dari pemanasan telepon karena faktor lingkungan. Selain itu, kebiasaan meninggalkan ponsel di mobil pada hari yang panas juga dapat membuat ponsel menjadi panas. Mulai sekarang, berhati-hatilah di mana Anda meletakkan ponsel Anda. Jangan biarkan ponsel Anda terlalu panas secara tidak sengaja.

Lalu Apa Solusinya Untuk Mengatasi HP Yang Overheat?

a. Turunkan Tingkat Kontras Pada HP
Meningkatkan tingkat kecerahan layar ponsel membuat beban lebih tinggi pada baterai dan menghasilkan panas yang berlebih. Solusinya sederhana. Cukup turunkan tingkat kecerahan layar HP nya saja.

b. Hindari Cahaya Matahari
Cara termudah untuk menjaga HP anda dari Overheat adalah dengan menjauhkannya dari sinar matahari. HP Anda menangkap dan menahan cahaya dan panas dari matahari. Semakin lama berada di bawah sinar matahari, semakin cepat ponsel memanas. Jadi solusinya, selalu hindarkan penggunan HP di tanah lapang dan disinari sinar matahari.

c. Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Menjaga aplikasi yang tidak digunakan tetap berjalan di latar belakang dapat membuat ponsel Anda berjalan terus walaupun tidak dipakai dan akhirnya menjadi terlalu panas, Dengan mematikan semua aplikasi yang tidak diapaki, anda tidak hanya meredakan hp yang overheat, tetapi juga memperpanjang masa pakai baterai.

d. Lepaskan Casing HP
Casing tidak berguna jika telepon terlalu panas. solusinya saat Anda melepas casing, ventilasi udara ponsel bekerja tanpa hambatan, memungkinkan ponsel menghilangkan panas lebih cepat.

Akhir Kata

Di atas adalah beberapa penyebab HP Overheat dan solusinya. Menurut Anda, apa penyebab HP Overheat yang sering anda dialami ? Coba cari tahu penyebab pastinya dan cari solusinya dengan tepat.

No comments for "5 Penyebab HP Overheat dan Solusinya"