Mariketahui Fungsi Teknologi Fingerprint Sebagai Pengganti Kunci



Teknologi fingerprint merupakan perangkat teknologi yang menggunakan sidik jari sebagai media identifikasi penggunanya. Cara kerja sensor sidik jari adalah merekam gambar digital pada pola sidik jari Anda. Hasil rekaman digunakan sebagai template biometrik yang disimpan dan digunakan untuk memverifikasi identitas individu atau pengguna.

Proses menggunakan sidik jari untuk mengidentifikasi individu diyakini sangat akurat, karena pada dasarnya semua pola sidik jari manusia berbeda dan baik permanen atau tidak berubah. Berikut kami sajikan penjelasan lengkap mengenai teknologi fingerprint untuk Anda. 

Memahami Teknologi Sidik Jari (Fingerprint)
Teknologi sidik jari merupakan perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menangkap dan memindai sidik jari yang nantinya dapat digunakan untuk proses verifikasi. Teknologi sidik jari umumnya digunakan sebagai sistem keamanan. Lebih tepatnya pada sensor. Hal ini dikarenakan sensor ini memiliki keunikan yang membedakannya dengan sistem keamanan lainnya.

Pemindai Teknologi Mesin Didik Jari
Pemindai sidik jari umumnya menggunakan sensor optik. Ini karena teknologinya sederhana dan tidak memerlukan daya. Jika mesin absensi sidik jari menggunakan sensor kapasitif atau ultrasonik, harga mesin absensi sidik jari di pasaran cukup tinggi, bahkan sulit diterapkan untuk mengunci pintu masuk kantor.

Fungsi Fingerprint Sidik 
fingerprint umumnya hanya memiliki satu fungsi. Dengan kata lain, amankan seperti kata sandi atau pola dan gunakan sebagai media verifikasi. Satu-satunya media verifikasi yang digunakan dalam sidik jari adalah berupa sidik jari manusia dan digunakan sebagai sidik jari. Media untuk ID kunci utama. Di bawah ini adalah penggunaan sidik jari untuk setiap perangkat.

1. Fingerprint Pada Smartphone
Jenis smartphone terbaru. Tata letak sidik jari smartphone saat pertama kali keluar berada di bagian belakang smartphone, namun menjadi lebih inovatif karena sensor sidik jari telah terintegrasi dengan tombol home sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses smartphone.

Baru-baru ini, sebuah brand smartphone ternama Indonesia telah menyelipkan sensor sidik jari di bagian bawah layarnya, yang memberikan kesan teknologi canggih dan terlihat sangat keren, sehingga ada sesuatu yang membuat penggunanya merasa betah.

2. Fingerprint Absen
Absensi menggunakan sensor Fingerprint biasanya digunakan oleh instansi perkantoran untuk meningkatkan tanggung jawab dan disiplin pegawai, karena sidik jari setiap pegawai tidak dapat dipalsukan atau diwakilkan.

Karyawan berusaha datang tepat waktu daripada terlambat terdeteksi karena tidak sempat memindai sidik jarinya. Alat Absensi Sidik Jari menghasilkan data absensi yang sangat lengkap sehingga dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan bagi manajer tingkat menengah.

3. Fingerprint Pintu
Pintu yang menggunakan sensor sidik jari biasanya pintu khusus seperti pintu rumah mewah atau pintu kamar superior. Namun yang paling kita kenal adalah pintu brankas, tempat kita menyimpan barang berharga seperti uang dan emas.

Di masa lalu, brankas menggunakan kata sandi dan pola untuk melindungi barang-barang di dalamnya, tetapi ini tidak cukup aman, berankas masih bisa dibuka oleh orang lain yang mengetahui kode aksesnya. Oleh karna itu teknologi fingerprint ini sangat di sarankan untuk Anda.

Apa Alasan Harus Menggunakan Teknologi Fingerprint di Masa Kini?

a. Mudah Diingat
Jika Anda menggunakan kata sandi atau pola untuk membuka kunci ponsel, Anda harus mengingatnya saat membuka kunci ponsel. Tetapi bagaimana jika Anda lupa kata sandi atau pola, Anda pasti akan kesulitan membuka kunci ponsel Anda. Namun, dengan Teknologi Fingerprint, cukup tempelkan sidik jari Anda di ponsel dan ponsel akan otomatis terbuka.

b. Memiliki Tingkat Keamanan yang Tinggi
Tidak semua orang di dunia memiliki pola sidik jari yang sama. Jika Anda menggunakan sistem otentikasi Fingerprint, hanya Anda yang dapat mengaksesnya, sehingga Anda dapat yakin bahwa keamanan tetap terjaga.

c. Privasi Data Menjadi lebih Aman
Beberapa smartphone dengan fungsiFingerprint yang terpasang juga dapat digunakan untuk mengakses data dan dokumen penting di smartphone. Data dan dokumen penting ini lebih aman karena hanya Anda yang bisa membukanya.

d. Kemudahan Dalam Notifikasi
Jika notifikasi ponsel Anda sepertinya sering memenuhi layar, tidak diragukan lagi bahwa kadang membuka ponsel Anda membuat anda malas untuk membukanya. Jika Anda menggunakan sensor Fingerprint, cukup gulir ke bawah dan ketuk dua kali jari Anda untuk menghapus notifikasi secara otomatis.

Penutup

Beberapa informasi di atas menjelaskan bahwa teknologi fingerprint menjadi pilihan saat ini karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan alat keamanan seperti pola dan kata sandi. Misalnya, beberapa manfaat ini mencakup tingkat keamanan yang lebih tinggi, lebih mudah diingat, privasi data yang lebih aman, dan beberapa manfaat lainnya. 

Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Teknologi Fingerprint yang Anda gunakan bersifat permanen, jadi jika sidik jari Anda dicuri oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab dan sidik jari Anda berhasil dikloning, maka sang pencuri atau hacker dapat dengan mudah mengakses data pribadi Anda.

No comments for "Mariketahui Fungsi Teknologi Fingerprint Sebagai Pengganti Kunci"