Berikut Fungsi Teknologi Informasi dari Tujuan dan Peran Pentingnya


Teknologi Informasi - Semakin maju teknologi, semakin banyak bidang yang ada dan perlu dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Bidang ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Tanpa teknologi informasi, pembangunan tingkat tinggi tidak akan terjadi.

Pengertian teknologi informasi secara umum adalah studi tentang perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan, atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, khususnya pada perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak aplikasi.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Information Technology (IT), adalah istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia membuat, memodifikasi, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau mendistribusikan informasi.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah, melepaskan kreativitas, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Karena membuka kebutuhan akan pemecahan masalah, kreativitas manusia dan efisiensi kerja, dan merupakan penyebab atau kriteria terciptanya teknologi informasi.

Teknologi informasi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, teknologi informasi ini tercipta justru karena diperlukan solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dalam sistem kerja.

Fungsi Teknologi Informasi

Dalam konteks pekerjaan, komputer Anda digunakan untuk apa? Tentu ada banyak. Misalnya mengetik, menyimpan dokumen, mengirim dokumen ke atasan Anda, dan lain sebagainya. Apakah itu membantu Anda? Yang bisa kita yakini adalah itu.

Secara umum, tujuan teknologi informasi adalah untuk memudahkan kehidupan manusia. Apa yang bisa dipermudah? Nah, enam fitur teknologi informasi berikut memberitahu kita. Dari sana, Anda akan diperlihatkan aspek mana dari pekerjaan Anda yang akan lebih mudah.

1. Menangkap (Capture)
Fitur pertama ini berarti menangkap semua input dan menyusunnya menjadi data digital. Masukan dimungkinkan dari mana saja. Misalnya : keyboard, mikrofon, kamera, dll. Misalnya mengetik menggunakan keyboard di Ms. kata-kata.

Setiap huruf yang Anda tekan pada keyboard Anda direkam di aplikasi Ms. kata-kata. Sebagai contoh lain, katakanlah Anda ingin membuat narasi. Saat Anda berbicara ke mikrofon, suara Anda direkam dan dapat diputar ulang di komputer Anda.

2. Mengolah (Processing)
Setelah menerima input, teknologi informasi juga bekerja untuk memproses data input. Setelah pengolahan data selesai, diperoleh informasi baru. Bentuk pengolahan data dapat berupa perhitungan, kombinasi data, transformasi, analisis, dll.

Misalnya data pembukuan warnet di Ms. Excel. Berbagai perhitungan dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui pendapatan bulanan kafe, biaya operasional harian, biaya bahan baku, dll.

3. Menghasilkan (Generating)
Pengumpulan informasi yang Anda proses di komputer mungkin tampak tidak teratur pada awalnya. Dengan menggunakan teknologi informasi, kita dapat mengorganisasikan informasi tersebut menjadi sebuah “masa kini” yang mudah dipahami orang.

Misalnya, Anda dapat membuat bagan dan tabel dari data pembukuan Warnet Anda. Ini akan menampilkan lebih banyak informasi yang mudah digunakan daripada hanya menyortir angka. Teknologi informasi juga memungkinkan kita untuk menciptakan berbagai karya kreatif seperti desain grafis, video, dan rekaman musik.

4. Menyimpan (Storage)
Teknologi informasi juga membantu kita menyimpan data dengan lebih ringkas. Semua data akan digital. Anda dapat menyimpan ke perangkat komputer Anda, hingga perangkat penyimpanan eksternal. Dengan begitu, Anda dapat membawa data ke mana pun Anda pergi.

5. Mencari Kembali (Retrieval)
Anda pasti kesulitan mencari produknya. Misalnya, cari dokumen hardcopy di lemari arsip Anda. Hampir semua manusia memiliki masalah dalam menemukan sesuatu. Oleh karena itu, diciptakanlah teknologi informasi untuk dapat melakukan fungsi pencarian. Data yang disimpan di PC dapat diambil dengan mudah.

Lalu Peran Teknologi Informasi di Masa Kini?

a. Memudahkan Komunikasi
Perkembangan teknologi selalu memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, seperti penggunaan aplikasi messenger dan email. Aplikasi email dan messenger bisa menjadi sarana komunikasi yang lebih murah daripada panggilan telepon. Selain itu, komunikasi juga dapat dipercepat, sehingga proses penyampaian informasi berjalan lancar tanpa hambatan.

b. Sumber Informasi bagi Bisnis
Teknologi menyediakan berbagai informasi berharga dan menguntungkan bagi bisnis. Jika suatu bisnis atau perusahaan ingin maju, maka harus aktif mencari segala informasi yang dapat memajukan bisnis tersebut. Internet penuh dengan informasi dan pengetahuan bisnis, tetapi para pebisnis harus berhati-hati dan tetap memilih informasi yang benar-benar bermanfaat.

Lalu Bagaimana Mengembangkan Teknologi Informasi Lebih Maju Lagi?

Pengetahuan tentang teknologi informasi sangat penting untuk mendukung inovasi teknologi terbaru yang membantu aktivitas manusia. Tentunya untuk mengembangkan teknologi informasi diperlukan pengetahuan yang mendalam tentang teknologi informasi. 

Saat ini sudah tidak terpikirkan untuk tidak menggunakan teknologi informasi untuk menunjang aktivitas. Teknologi informasi memungkinkan kita melakukan segala sesuatu secara efisien. Inovasi teknologi informasi saat ini pun juga semakin beragam.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai beberapa fungsi dan tujuan dari teknologi informasi. Teknologi Informasi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Terimakasih!

No comments for "Berikut Fungsi Teknologi Informasi dari Tujuan dan Peran Pentingnya"