6 Tips Cara Membeli HP Second Agar Tidak Zonk


Membeli HP second membutuhkan ketelitian. Harap dicatat bahwa ada dua jenis HP second di pasaran: HP bekas dan HP refurbished, lalu Apa bedanya? HP bekas pada umumnya adalah smartphone yang digunakan oleh perorangan.

Untuk HP refurbished sendiri adalah HP yang tidak digunakan oleh perorangan, tetapi biasanya digunakan sebagai sample di toko dan di daur ulang di pabrik sebelum dijual. Nah, terutama bagi anda yang ingin membeli HP second, berikut adalah panduan yang diharapkan dapat membantu Anda mengambil keputusan sebelum membelinya.

6 Tips Cara Membeli HP Second Agar Tidak Zonk

1. Cek Kualitas Produk
Jika Anda menemukan barang yang ingin Anda beli, sebaiknya periksa kualitas barang tersebut sebelum melakukan transaksi. Anda dapat membaca ulasan pengguna lain yang telah menggunakan produk yang sama, dan memeriksa keandalan pemasok HP second Anda karena hal itu memengaruhi layanan purna jual. HP second umumnya rentan terhadap segala macam masalah teknis, jadi pastikan Anda membeli HP second di toko atau konter yang menawarkan garansi.

2. Cek Dan Bandingkan Harga
Bahkan jika Anda menemukan toko online atau offline yang menawarkan harga promosi, Anda harus memeriksa ulang harga barang yang Anda beli. Anda bisa membandingkan harga beli HP second dari toko lain.

Daftar harga adalah pilihan untuk membandingkan harga HP second terlebih dahulu dan kemudian membeli dengan fitur menemukan penawaran HP second dengan harga terendah. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi dan menemukan harga produk yang ramah anggaran hanya dengan satu klik saja.

3. Sesuaikan Dengan Budget
Saat ini banyak sekali produk HP dengan spesifikasi yang hampir sama namun dengan harga yang berbeda. Hp second dengan berkebutuhan khusus, seperti ponsel gaming, juga sudah terjangkau. Prioritaskan pembelian produk berdasarkan anggaran Anda, terlepas dari merek ponsel. Dengan membeli Hp second sesuai anggaran yang telah disiapkan, maka dana yang dialokasikan untuk keperluan lain tidak akan digunakan.

4. Berburu Promo
Anda dapat membelanjakan uang dengan lebih efisien jika membeli produk dengan harga promosi. Selain itu, cari penawaran yang memberi konsumen berbagai fasilitas, seperti microSD, casing, pelindung layar, dan banyak lagi. Meski tanpa promosi, Hp second biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan saat ponsel dijual dalam kondisi baru.

5. Pilih Sistem Transaksi Yang Aman
Memiliki rekening bersama menjadikan belanja online lebih aman dan nyaman, menghilangkan batasan area, dan memungkinkan Anda bertransaksi dengan penjual di seluruh Indonesia. Tentu saja pilihan barangnya lebih beragam.

Namun, jika Anda khawatir dengan kondisi produk, silakan gunakan cash on delivery atau COD. Setelah membuat janji bertemu, pastikan lokasi yang Anda pilih aman. Pilih restoran tertentu, bukan pinggir jalan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman, undang teman yang sudah mengerti untuk membantu Anda memeriksa barang.

6. Lakukan Nego
Setelah semua pemeriksaan selesai dan HP yang ingin Anda beli ditetapkan, negosiasi dapat dimulai dengan mengomunikasikan kekurangan HP second saat menawar harga. Jika HP second Anda tidak bergaransi atau dalam kondisi tidak lengkap, Anda dapat meminta pengurangan harga.

Lalu Bagaimana Cara Mengecek HP second yang Sudah Dibeli Agar Tidak Kena Zonk?

a. Periksa kondisi fisik HP second dari retakan pada unit utama atau layar ponsel.

b. Periksa nomor IMEI yang disertakan dalam informasi peraturan ponsel Anda. Proses ini penting untuk menghindari jual beli ponsel ilegal melalui pasar gelap atau black market (BM).

c. Jika ponsel Anda di-root, ada banyak risiko seperti masuknya virus lebih mudah, memori penuh, telepon error saat memperbarui sistem operasi melalui OTA (Over The Air), dll. Jadi periksa apakah ponsel Anda sudah di-root. Pembaruan ditolak.

d. Mohon perhatikan kondisi segel HP bagian dalam. Jika segel terbuka, berarti ponsel bekas telah dibongkar atau diperbaiki.

e. Periksa slot kartu SIM dan masukkan kartu SIM ke telepon Anda untuk melakukan panggilan, mengirim SMS atau melihat apakah telepon Anda masih berfungsi.

f. Uji mikrofon dari menu perekam dan periksa apakah pengeras suara terdengar baik

g. Pastikan kamera masih berfungsi dengan baik dan kaca pelindung tidak retak

h. Periksa kelengkapan Anda seperti dus HP, buku petunjuk, charger, headset, dan semua perlengkapan lain yang Anda dapatkan saat membeli HP pertama

i. Coba gunakan pengisi daya, headset, dan koneksi USB ke laptop Anda. Periksa apakah semua soket masih tersedia

Akhir Kata

Itulah sederet tips membeli HP second yang berkualitas dan layak pakai di tahun 2023 ini. Diharapkan tips ini bermanfaat bagi Anda yang benar-benar ingin mengganti HP Anda tetapi dengan anggaran terbatas dan minim.

No comments for "6 Tips Cara Membeli HP Second Agar Tidak Zonk"